FOKUS

Wakapolri: Banjir Melanda Jakarta Sangat Mendadak

JAKARTA (!) – Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak Senin (05/02) di Bogor dan di wilayah DKI Jakarta mengakibatkan air Sungai Ciliwung meluap sehingga menyebabkan banjir di Jakarta.

Wakil Kepala Kepolisian Republik Indonesia Komisaris Jenderal Polisi Syafruddin menyatakan air dari Bendung Katulampa, Bogor, cepat datang ke Jakarta.

“Kondisinya (banjir di Jakarta) sangat mendadak, pemberitahuan kemari masuk ke Bogor terus ke Depok cepat,” kata Komjen Pol Syafruddin seusai melakukan kunjungan ke lokasi banjir di Pejaten, Jakarta Selatan, Selasa (06/02).

Syafruddin menyatakan walaupun bencana alam ini cepat masuk ke Jakarta, namun peringatan dini dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dqm Geofisika (BMKG) juga cukup cepat yakni sehari sebelumnya. Masyarakat mestinya sudah bisa mengantisipasi masalah ini jika memperhatikan peringatan dari BMKG.

“Tanggal 4 sudah diperingatkan BMKG bahwa tanggal 5, 6, 7 itu akan terjadi hujan lebat kapasitas tinggi, (seharusnya) mewaspadai itu kalau kita memperhatikan itu,” ucapnya.

Lebih lanjut, Wakapolri juga mengucapkan terima kasih terhadap stakeholder  terutama Pemerintah Daerah DKI Jakarta yang sudah dapat merespon dengan cepat sehingga banjir kiriman kali ini dapat cepat surut.

“Saya ucapkan terima kasih kepada pemerintah daerah,  TNI dan Polri (yang) cepat tanggap, responsif untuk menghadapi ini semua dan surutnya juga cepat. Semua dibantu TNI-Polri,” pungkasnya.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait