FOKUS

Wapres: Dana Abadi Komitmen Kuat Pemerintah untuk Dunia Pendidikan

JAKARTA (tandaseru.id) – Wapres Ma’ruf Amin memandang baik ditandatanganinya Perpres, sebab dapat menunjukkan komitmen besar pemerintah terhadap dunia pendidikan.

“Ini komitmen kuat daripada pemerintah untuk membantu pendidikan dalam segala tatarannya. Jadi ada dana abadi pendidikan yang dikelola oleh Dikbud (Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan) dan Kementerian Keuangan, tapi ada juga dana abadi pesantren. Bahkan ada dana abadi kebudayaan, bahkan juga ada dana abadi riset,” tutur Wakil Presiden (Wapres) RI, Ma’ruf Amin.

Dia mengatakan dalam keterangan persnya di Pondok Pesantren An Nawawi Tanara (Penata), Serang, Banten, Kamis (16/09).

Wapres menyampaikan, dengan ditandatanganinya Perpres Nomor 82 Tahun 2021, maka pesantren telah memperoleh pengakuan dalam undang-undang untuk dapat menjadi jenjang pendidikan seperti pendidikan umum.

Menurut Ma’ruf Amin, jajaran pengurus pesantren di seluruh Indonesia menyambut baik Perpres ini. “Pesantren ini sudah lama memang diinginkan.

Ini disambut baik oleh dunia pesantren karena ini memang sudah lama ditunggu,” ujarnya. Terkait anggarannya, Wapres menyampaikan bahwa saat ini sedang dilakukan proses penganggaran. Namun ia yakin, bahwa model pendanaannya tidak jauh berbeda dengan dana pendidikan yang ada saat ini.

“Anggarannya nanti sedang dihitung lagi, tapi saya kira tidak jauh daripada modelnya itu. Setiap APBN nanti ada disisihkan dana, kemudian dana itu dikembangkan, kemudian nanti hasilnya yang diberikan. Seperti dana pendidikan kan begitu,” tandas Wapres.

 

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com