FOKUS

Warga Palestina Usir Delegasi UEA yang Masuk Al Aqsa

YERUSALEM (Tandaseru) – Warga Palestina nekat mengusir sejumlah rombongan Uni Emirat Arab (UEA) yang memasuki masjid Al-Aqsa di Yerusalem.

Pengusiran dilakukan karena warga Palestina marah mendapat kabar normalisasi hubungan UEA dan Israel.

Kunjungan delegasi UEA itu dilakukan setelah Bahrain dan Israel meresmikan hubungan diplomatik. Perdana Menteri Palestina Muhammad Shtayyeh mengatakan kesepakatan itu ‘hadiah gratis untuk pendudukan Israel untuk merebut lebih banyak tanah Palestina dan membangun lebih banyak pemukiman’.

“Masjid Al-Aqsa harusnya dimasuki melalui gerbang pemiliknya, tidak melalui gerbang yang diduduki Israel, sedih melihat delegasi Arab masuk melalui gerbang Israel, sementara jamaah menolak akses mereka untuk sholat,” kata Shtayyeh seperti dilansir media Turki, Daily Sabah, Selasa (20/10).

UEA dan Bahrain menandatangani kesepakatan yang ditengahi Amerika Serikat (AS) untuk menormalisasi hubungan dengan Israel pada 15 September lalu. Kelompok-kelompok Palestina mengecam kesepakatan tersebut dengan mengatakan perjanjian itu mengabaikan hak rakyat Palestina.

Perjanjian itu juga mematahkan konsensus Arab yang telah berlangsung selama puluhan tahun untuk tidak akan pernah menormalisasi hubungan dengan Israel hingga ada perdamaian dengan Palestina. Rakyat Palestina menilai kesepakatan itu ‘mengkhianati’ mereka.

Otoritas Palestina menjaga konsensus Arab yang memastikan normalisasi hubungan negara-negara Arab hanya akan terjadi bila Israel memenuhi sejumlah syarat. Salah satunya menarik diri dari pemukiman yang mereka duduki sejak Perang Timur Tengah tahun 1967.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait