FOKUS

WHO Apresiasi Indonesia Tangani Covid, Ini Pernyataannya

JAKARTA (Tandaseru) – Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), Tedros Adhanom Ghebreyesus menyampaikan apresiasi terhadap Indonesia yang berupaya menangani pandemi Covid-19 dengan bergabung dalam Access to COVID-19 Tools Accelerator’ ACT-Accelerator Facilitation Council dan mendukung fasilitas COVAX.

Tedros menyampaikan apresisasi itu dalam bahasa Indonesia melalui cuitannya di media sosial.

“Saya berdiskusi dengan @Menlu_RI [Bendera Indonesia] Retno Marsudi dan Menteri BUMN @erickthohir mengenai #COVID19. Saya berterima kasih atas komitmen mereka untuk mengakhiri pandemik ini dengan bekerjasama dengan @WHO dan partner multilateral lainnya. Solidaritas!” tulis Tedros dalam Twitter-nya, Sabtu (17/10).

COVAX adalah mekanisme yang dirancang WHO agar menjamin ketersediaan vaksin Covid-19 untuk seluruh dunia secara cepat, adil, dan setimpal. Lebih dari 75 negara yang tergabung di dalamnya bakal membiayai vaksin dari anggaran keuangan masing-masing untuk diberikan kepada 90 negara berpenghasilan rendah dari COVAX Advance Market Commitment (AMC) Gavi.

“Saya berterima kasih kepada @Menlu_RI Retno Marsidi & Menteri BUMN @erickthohir untuk keanggotaan #Indonesia [Bendera Indonesia] di dalam Dewan Fasilitasi ACT-Accelerator untuk #COVID19,” kata Tedros.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi juga menyampaikan Indonesia bersiap bergabung dalam COVAX. Indonesia dikatakan mendukung jalur multilateral vaksin Covid-19.

“@DrTedros menyampaikan apresiasi atas kepemimpinan Indonesia dalam Foreign Policy and Global Healt #FGPH 2020 dan tema yang tepat ‘Affordable Healt Care for All,” tulis Retno.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait