FOKUS

WHO Kirim Tim Investigasi Usut Sumber Virus Corona, Begini Reaksi China

BEIJING (Tandaseru) – Pemerintah China membuat sikap positif dengan menyambut misi Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) menyelidiki asal-usul virus corona baru penyebab Covid-19.

Beijing mengatakan respons ini sebagai tanda upaya China memelihara kerja sama dengan WHO.

“Pemerintah China sepakat untuk WHO mengirim para ahli ke Beijing untuk bertukar pikiran dengan para ilmuwan dan ahli medis China tentang kerja sama berbasis ilmu pengetahuan guna melacak asal-usul virus,” kata juru bicara Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Cina Zhao Lijian, Rabu (8/7).

Lijian mengatakan nantinya para pakar WHO dan China akan menyiapkan rencana ilmiah guna mengidentifikasi sumber virus corona. Para ahli, sambungnya, akan mengembangkan ruang lingkup dan kerangka acuan untuk misi internasional yang dipimpin WHO.

“Penyelidikan asal kemunculan virus merupakan pekerjaan kompleks,” kata dia menegaskan.

“Proses ini merupakan upaya yang terus berkembang yang dapat mengarah pada penelitian serta kolaborasi ilmiah internasional lebih lanjut secara global,” kata Lijian.

Pada akhir Juni lalu, WHO mengumumkan akan mengutus tim ke China untuk menyelidiki asal-usul virus corona.

“Kami akan mengirim tim pekan depan ke China untuk mempersiapkan itu,” kata Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus pada 29 Juni lalu.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait