FOKUS

WHO: Sulit Berharap Vaksin Corona Hingga Pertengahan 2021

JENEWA (Tandaseru) –  Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memastikan sulit mengharapkan ada vaksinasi terkait virus corona setidaknya hingga pertengahan 2021.

WHO memastikan hal tersebut di tengah klaim sejumlah negara berhasil mengembangkan vaksin corona.

“Kami tahu setidaknya enam hingga sembilan (kandidat vaksin) yang telah melalui jalan panjang penelitian. Tapi kita belum bisa benar-benar berharap untuk bisa melakukan vaksinasi secara luas hingga pertengahan tahun depan,” kata juru bicara WHO Margaret Harris dalam konferensi pers virtual di Jenewa, Jumat (4/9) seperti dilansir AFP.

Alasannya, kata WHO, tahap pengujian vaksin membutuhkan waktu berbulan-bulan hingga bertahun-tahun. Hal itu dilakukan sekaligus memverifikasi kadidat vaksin yang dinyatakan aman dan efektif.

WHO mengatakan, kandidat vaksin harus melewati proses dan prosedur panjang hingga dinyatakan aman dan manjur untuk mengobati suatu penyakit. Namun, peningkatan kasus Covid-19 yang cepat menimbulkan desakan kebutuhan vaksin sesegera mungkin.

Dari sini timbul kekhawatiran bahwa karena desakan kebutuhan, tingkat keamanan dan kemanjuran atau efektivitas vaksin lebih rendah daripada yang seharusnya.

Beberapa perusahaan farmasi menekankan pentingnya mematuhi norma pengujian tinggi, sehingga jauh keluar dari standar vaksin yang didistribusikan ke publik.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com