FOKUS

WP KPK Masih Optimistis Jokowi Terbitkan Perppu KPK

Tandaseru – Ketua Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Yudi Purnomo Harahap mengaku masih berharap Presiden Joko Widodo menerbitkan Peraturan Pemerintah Pengganti Undang-undang (Perppu) KPK.

Yudi menyebut Perppu tersebut sebagai cara menyelamatkan nasib lembaga antirasuah dari tudingan miring publik, akibat imbas persoalan revisi UU KPK.

“Kami percaya Pak Presiden akan mengeluarkan Perpu dan akan mengandalkan KPK dalam memberantas persoalan korupsi di negeri ini. Kajiannya Pak Presiden, investor berani masuk ke Indonesia karena tidak ada penghambat investasi yakni korupsi dan suap,” kata Yudi dalam keterangan tertulis, Jumat (15/11).

Yudi optimistis Perppu akan diterbitkan. Menyusul sebelumnya Menko Polhukam Mahfud MD telah mengundang para tokoh bangsa dan akademisi yang konsisten menyuarakan antikorupsi.

Pertemuan tersebut dirapatkan berulang dengan prihal pembahasan yang sama yakni untuk menjaga independensi KPK.

Persoalan tudingan dan kecaman, Yudi berterima kasih kepada masyarakat yang telah mempercayai KPK sebagai lembaga yang konsisten menjaga kedaulatan demokrasi.

Yudi menambahkan, akibat revisi UU KPK, dia menilai ada perlakuan oknum pihak yang secara tidak langsung ingin menjatuhkan kepercayaan KPK.

“Ada pelemahan secara terus menerus, baik melalui revisi UU KPK, maupun tudingan-tudingan tanpa bukti jelas. Tujuannya hanya ingin menjatuhkan KPK agar tidak lagi dipercaya masyarakat,” ungkap Yudi.

Menyoroti hasil survei LSI Denny JA yang menyatakan tingkat kepercayaan publik pada KPK menurun, Yudi merinci akibat 26 poin pelemahan dalam UU Nomor 19 tahun 2019. Hal tersebut tentu menjadi momok menakutkan bagi masyarakat yang ingin bebas korupsi.

Sebelumnya, survei LSI menyebutkan presentasi KPK berada di angka 89 persen. Karena hampir setiap pekan KPK menggasak para koruptor. Akan tetapi, pasca Pemilu 2019 dengan munculnya revisi UU KPK, angka presentasi tersebut berubah jadi 85 persen.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait