FOKUS

Wuhan Bikin Peraturan Baru, Warga Dilarang Makan Hewan Liar

WUHAN (Tandaseru) – Otoritas Wuhan, China menegakkan peraturan untuk melarang warga memakan atau mengonsumsi semua hewan liar.

Pemerintah setempat mengumumkan larangan ini bersamaan dengan pengumuman Wuhan akan menjadi bahwa semua hewan perburuan dilarang kecuali untuk penelitian ilmiah.

Wuhan juga akan bergabung dengan skema yang lebih luas di seluruh negeri untuk menawarkan pembelian kepada petani yang mengembangbiakkan hewan liar.

Dilansir dari The Independent, Kamis (21/5), Wuhan, kota dengan populasi 11 juta jiwa yang berada di Provinsi Hubei itu tempat pertama kali virus corona muncul akhir tahun lalu.

Asal mula pandemi masih diinvestigasi tapi salah satu sumber yang diduga sumber virus adalah Pasar Makanan Laut Huanan yang juga menjual hewan hidup.

Pasar ini dilaporkan menjual lebih dari 30 spesies hewan termasuk anak serigala hidup, jangkrik emas, kalajengking dan musang. China menutup pasar ini ada Januari setelah sejumlah kasus Covid-19 mulai nampak.

Para peneliti sepakat bahwa penjelasan yang paling masuk akal adalah virus menular dari hewan ke manusia dalam peristiwa “zoonotic spillover”.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait