FOKUS

Wujudkan Ketahanan Pangan, Indonesia Mulai Swasembada Beras Lagi

JAKARTA (!) – Indonesia saat ini sudah mulai kembali berswasembada beras, cabai segar dan bawang konsumsi. Bahkan, Indonesia kini mulai mengekspor bawang merah.

Kementerian Pertanian dan Tentara Nasional Indonesia (TNI) melakukan kerja sama di dalam mewujudkan ketahanan pangan tersebut.

“Hasil yang baik. Terlihat dari tidak adanya impor beras, cabai segar dan bawang konsumsi yang seperti biasanya dilakukan untuk stabilisasi harga di pasar domestik,” ujar Suwandi, Pejabat Pelaksana Tugas Biro Humas dan Informasi Publik Kementerian Pertanian di Jakarta, Jumat (15/9).

Suwandi mengemukakan, kemampuan melakukan swasembada dan melakukan ekspor tersebut menjadi bukti bahwa Indonesia mampu mewujudkan visi lumbung pangan dunia pada 2045.

Langkah selanjutnya adalah swasembada bawang putih dan gula konsumsi pada 2019, kedelai pada 2020, gula industri pada 2024, dan daging sapi pada 2026.”Kita sudah berada di jalur yang tepat, saat Indonesia berusia satu abad,” tukasnya.

Baca Juga:

Suwandi mengungkapkan, seiring swasembada tadi, kesejahteraan petani turut meningkat seperti terlihat pada indikator kemiskinan di pedesaan turun 4,7%.

“Awalnya penduduk miskin di desa pada Maret 2015 tercatat sebanyak 17,94 juta jiwa dan turun menjadi 17,09 juta jiwa pada Maret 2017,” tuturnya.(arh)

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait