FOKUS

Xi Jinping: Jangan Anggap Enteng China, Kami Siap Berperang

BEIJING (Tandaseru) – Presiden China, Xi Jinping mengatakan militer China tak gentar untuk siap menghadapi perang.

Hal tersebut disampaikan Xi dalam pidato memperingati Perang Korea. Sejumlah analis dan media mengaitkan pidato Xi sebagai tantangan perang untuk Amerika Serikat (AS).

Zi Jinping mengatakan sampai detik ini Beijing tidak akan pernah membiarkan kedaulatan, keamanan dan kepentingan pembangunannya dirongrong. Itu merupakan salah satu pidato dengan pesan kuat untuk menandai 70 tahun sejak pasukan China memasuki Perang Korea.

“Biarkan dunia tahu bahwa ‘rakyat China sekarang terorganisir dan tidak boleh dianggap enteng’,” kata Xi, mengutip pernyataan Mao Zedong, bapak pendiri Republik Rakyat China.

Xi tidak secara langsung menyebut AS dalam pidatonya yang berapi-api. Namun, pidatonya muncul ketika perseteruan Beijing dengan Washington sedang memanas. Hubungan kedua negara tenggelam ke level terendah dalam beberapa dekade.

Dua raksasi ekonomi dunia itu telah bentrok atas berbagai masalah, mulai dari perdagangan, persaingan teknologi dan keamanan, hak asasi manusia dan pandemi virus corona.

Sikap keras Presiden AS Donald Trump terhadap China telah menjadi pusat kampanyenya untuk memenangkan masa jabatan kedua dalam pemilihan presiden pada 3 November.

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait
Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com