Jangan Dekati, Tanaman Cantik Ini Mematikan!

JAKARTA (!) – Cantik belum tentu jaminan kalau pohon tersebut punya manfaat baik untuk manusia. Nyatanya ada beberapa tanaman yang berbunga cantik tapi memiliki racun yang sangat mematikan. Jangan dekat-dekat ya!

Oleander

Bukan hanya namanya yang terkesan cantik, tanaman ini juga terkenal cantik bahkan sering dijadikan sebagai tanaman hias di rumah.

Namun, dibalik kecantikan tanaman ini, terdapat racun yang mematikan dan dapat membahayakan manusia. Karena sangat mematikan racun dalam sehelai daun Oleander saja mampu membunuh satu orang manusia dewasa.

Yang menyeramkan, bukan hanya daun dari tanaman tersebut yang mengandung racun. Tapi pada bagian bunga, ranting serta buahnya juga terdapat kandungan racun berbahaya.

Jika racun tersebut masuk dalam tubuh, maka sesegera mungkin bisa mempengaruhi jantung, pencernaan serta saraf manusia.

Tanaman cantik dan beracun ini awalnya banyak ditemukan di daerah Mediterania serta Asia. Tapi saat ini telah berkembang luas bahkan bisa ditemukan pada sejumlah negara.

Wolfsbane

Tanaman yang memiliki bunga cantik berwarna ungu ini memang memiliki julukan yang keren. Jangan salah sangka, tanaman cantik ini bukan untuk dijadikan tanaman hias di rumah. Karena wolfsbane adalah salah satu tanaman yang paling beracun di dunia.

Ada beberapa nama lain dari tanaman jenis ini, yaitu Leopard’s Bane, Woman’s Bane dan juga Devils Helmet.

Suku asli Jepang, Ainu memanfaatkan cairan beracun yang berasal dari tanaman ini untuk dioleskan di ujung panah mereka untuk berburu.

Racun tanaman tersebut dijuluki dengan Alkaloid Pseudaconitine. Saat mengenai seseorang, racun tersebut akan menyebabkan rasa terbakar pada seluruh anggota tubuh serta memberikan efek pada pencernaan.

Bahkan dalam penggunaan racun dengan dosis besar, mampu membunuh manusia dewasa dalam hitungan 2-6 jam saja. Bahkan tidak menunggu waktu satu hari untuk membuat seseorang meninggal dengan racun ini. Menyeramkan!

Baca Juga:

Nightshade

Tanaman mematikan ini juga dikenal dengan julukan Devil’s Cherry, Great Morel, Black Cherry serta Belladonna. Tanaman cantik yang terkenal akan racun berbahayanya ini berasal dari Eropa, Asia Barat dan Afrika Utara.

Racun dari nightshade bernama Tropane Alkaloids. Racun jenis ini dapat mengakibatkan orang mengalami kondisi berhalusinasi bahkan bisa jadi gila.

Racun ini tergolong sebagai salah satu racun yang juga mematikan untuk manusia. Namun, menariknya, ada beberapa hewan yang justru kebal dengan racun tanaman ini, seperti kuda, domba, kambing, burung serta babi.

Bahkan anehnya pada tahun 1500an, tanaman dengan racun ini dimanfaatkan oleh para wanita kala itu sebagai salah satu alat kosmetik mereka.

Kalau bertemu dengan salah satu tanaman cantik ini, jangan buru-buru didekati lalu dipetik ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait

Tandaseru.id menggunakan cookies untuk meningkatkan pengalaman pembaca. Mengerti -