Desain Unik, Stadion Kopiah Piala Dunia 2022 di Qatar

0

QATAR (!) – Stadion Kopiah untuk Piala Dunia 2022? Ternyata Qatar tengah menyiapkan desain unik yang akan digunakan untuk pembangunan Stadion Al Thumama. Yuk intip seperti apa?

Stadion yang direncanakan akan dibangun di selatan ibukota Qatar, Doha ini selanjutnya akan digunakan untuk Piala Dunia 2022.

Stadion Al Thumama merupakan satu dari tujuh stadion yang sedang dalam proses pengerjaan. Kapasitas stadion bernuansa putih ini kurang lebih terdapat 40.000 tempat duduk.

Bentuknya seperti Kopiah Arab.

Yang membuat stadion Al Thumama terkenal adalah desain bangunannya yang berbentuk seperti kopiah atau peci tradisional Arab yang bernama gahfiya. Hal ini berkaitan dengan kebiasaan orang Arab yang identik dengan menggunakan kopiah di berbagai kesempatan.

Bentuk seperti kopiah ini dipilih juga bukan tanpa alasan, menurut Sekretaris Jenderal SC Hassan Al Thawadi desain ini sebagai simbol yang menyatukan orang arab dan muslim, sekaligus sebagai bentuk penghormatan kepada FIFA World Cup yang diadakan pertama kali di Timur Tengah.

Pakai arsitek terkenal di Qatar!

Ternyata di balik desain yang unik ada tangan arsitek hebat yang merancang bangunan tersebut. Dia adalah Ibrahim M. Jaidah yang merupakan salah satu arsitek terkenal di Qatar.

Selain itu, Arsitek lulusan University of Oklahoma di Amerika Serikat ini juga ternyata founder dari Ibrahim Jaidah Architects and Engineers.

Jaidah sengaja merancang fasad atau bagian luar stadion ini menyerupai pola berlian dan jika dilihat sekilas, desain pada potongan eksterior pada stadion ini mirip potongan bendera Qatar.

Baca Juga:

Stadion Kopiah ini habiskan dana US$200 miliar?

Bukan hanya tampak luarnya yang keren, stadion ini juga dilengkapi fasilitas pendingin udara. Hal ini berkaitan erat dengan cuaca panas di Timur Tengah yang bisa mencapai 40 derajat Celsius.

Agar pengunjung yang hadir ke stadion semakin nyaman, atap stadion juga didesain berbentuk lingkaran yang dapat menyerap panas.

Rupanya Ibrahim Jaidah Architects and Engineers tidak bekerja sendiri. Untuk mewujudkan stadion unik ini Jaidah bekerja sama dengan konsultan desain dan arsitektur dari Korea Selatan, Heerim.

Dengan desain dan fasilitas fantastis itu, tidak mungkin mengeluarkan biaya yang murah. Qatar menghabiskan dana sebesar US$200 miliar untuk membangun stadion ini dan diperkirakan stadion kopiah ini selesai tepat pada tahun 2020.

2 Comments
  1. why not check here

    … [Trackback]

    […] Find More Information here on that Topic: tandaseru.id/2017/10/15/stadion-kopiah-piala-dunia-2022-di-qatar/ […]

  2. borsten

    … [Trackback]

    […] Read More on on that Topic: tandaseru.id/2017/10/15/stadion-kopiah-piala-dunia-2022-di-qatar/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.