Pantau Gunung Agung Erupsi, Polri Siapkan Aplikasi Help Me

0

BALI (!) – Mabes Polri meluncurkan aplikasi online peringatan dini Gunung Agung Bali yang disebut Help Me. Aplikasi tersebut dapat mempercepat proses evakuasi jika Gunung Agung erupsi sehingga meminimalisasi korban jiwa.

“Jika ada erupsi, evakuasi akan lebih mudah karena masyarakat cepat tahu. Dalam pola operasi, ada kontijensi,” kata Asisten Operasi Mabes Polri Inspektur Jenderal Mochammad Iriawan di Karangasem, Bali, Jumat (20/10).

Dalam aplikasi tersebut, katanya masyarakat harus mendaftar terlebih dahulu dengan mengisi data pribadi meliputi nama lengkap, tanggal lahir, alamat dan nomor telepon seluler setelah aplikasi tersebut dipasang pada smartphone.

Namun saat ini aplikasi tersebut baru dapat diunduh dan dipasang pada telepon pintar berbasis android. Lalu, bagaimana cara kerjanya?

Baca Juga:

Ketika ada erupsi, operator di Pos Pengamatan Gunung Agung di Desa Rendang, Karangasem, Bali, akan menekan tombol pada aplikasi khusus itu. Lalu, akan bunyi sirine pada seluruh telepon seluler masyarakat yang sudah mengunduh dan mendaftar pada aplikasi tersebut.

Pada aplikasi itu, masyarakat yang telah terdaftar dapat melakukan komunikasi termasuk mendapatkan informasi terkini dari PVMBG dan instansi terkait lainnya.

Kapolda Bali Irjen Pol Petrus Golose mengatakan aplikasi tersebut akan membantu upaya pihak-pihak terkait dalam upaya evakuasi secara konvensional masyarakat di daerah rawan bencana apabila Gunung Agung erupsi.

Sebelumnya BNPB telah memasang enam sirine peringatan untuk segera melakukan evakuasi apabila gunung api itu meletus di enam titik di sekitar daerah rawan bencana. “Kami siapkan aplikasi ini bagi masyarakat yang tidak terjangkau sirine manual yang sebelumnya terpasang,” ucapnya. (Ant)

3 Comments
  1. Betkick

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: tandaseru.id/2017/10/20/gunung-agung-erupsi-polri-siapkan-aplikasi-help-me/ […]

  2. apo2888 says

    Dear immortals, I need some wow gold inspiration to create.

  3. try this

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2017/10/20/gunung-agung-erupsi-polri-siapkan-aplikasi-help-me/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.