Selain Panglima TNI, Deretan Jenderal Ini Juga Pernah Dicekal AS

0

JAKARTA (!) – Ternyata bukan cuma Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo yang pernah ditolak kedatangannya oleh Amerika Serikat. Sebelumnya ada enam jenderal TNI yang pernah ditolak negeri Paman Sam itu, termasuk Wiranto dan Prabowo.

Sjafrie Sjamsoeddin

Letjen TNI (Purnawirawan) ini pernah merasakan ditolak oleh Amerika Serikat ketika masih menjabat Menteri Pertahanan.

Saat itu, Sjafrie dilarang masuk saat mendampingi Presiden Susilo Bambang Yudhoyono untuk menghadiri pertemuan G20 di Pittsburgh, AS, pada Oktober 2009.

Pelarangan tersebut dikarenakan, Sjafrie diduga orang yang terlibat dalam peristiwa Santa Cruz di Timor Leste pada 12 November 1991.

Zacky Anwar Makarim

Zacky yang saat itu berpangkat Mayor Jenderal TNI (Purn) juga merasakan penolakan dari negara adidaya tersebut. Zacky dilarang masuk AS pada Februari 2014.

Masih sama kasusnya dengan Sjafrie, Zacky dinilai oleh Kongres AS belum diadili menurut kaidah peradilan internasional terkait peristiwa Santa Cruz di Timor Leste.

Pramono Edhie Wibowo

Pramono yang saat itu masih berpangkat Mayor Jenderal TNI (Purn) dituduh AS terlibat kejahatan perang di Timor Leste pada 1999. Hal tersebutlah yang mebuat Pramono dilarang masuk ke Amerika Serikat.

Setelah lepas dari TNI, Pramono sempat menjadi Ketua Badan Pembina Bidang Organisasi, Keanggoataan dan Kaderisasi (BP-OKK) DPD Partai Demokrat pada Oktober 2009.

Baca Juga:

Wiranto dan Prabowo Subianto

Kedua tokoh ini juga pernah dicekal oleh pemerintah Amerika Serikat. Saat itu Wiranto sudah berpangkat Jenderal TNI (Purn). Dia dituduh oleh pengadilan Perserikatan Bangsa Bangsa (PBB) sebagai orang yang terlibat kejahatan perang dan kekerasan di Timor-Timur pada 1999.

Kemudian, Prabowo yang masih menjabat sebagai Panglima Kostrad, Letjen TNI (Purn) ternyata terakhir kali ke Amerika Serikat pada 1998 atau 1999. Prabowo tercatat mengajukan visa ke AS pada Maret 2014.

Ketika Prabowo akan menghadiri wisuda puteranya di universitas yang berada di Boston. Pemerintah AS menolak dia masuk karena dianggap terlibat kejahatan perang saat pemerintahan Presiden Soeharto.

3 Comments
  1. Explore the Horizon says

    I admire your work , thankyou for all the informative posts .

  2. … [Trackback]

    […] Find More on that Topic: tandaseru.id/2017/10/23/deretan-jenderal-yang-pernah-dicekal-as/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Information on that Topic: tandaseru.id/2017/10/23/deretan-jenderal-yang-pernah-dicekal-as/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.