Cocok Bagi yang Sibuk, Begini Cara Praktis Rawat Tanaman Hias!

2

Tandaseru – Memiliki banyak tanaman hias di rumah tentu menyejukan, tapi bagaimana jika Anda orang sibuk? Begini cara praktis rawat tanaman hias yang ada di rumah!

Dengan mempunyai tanaman hias di rumah pasti membuat suasana semakin sejuk dan segar. Apalagi saat pulang beraktivitas, melihat tanaman yang kehijauan tentu merasa seperti diisi kembali energinya.

Tapi dengan kegiatan yang padat di luar rumah, pasti akan menyulitkan Anda untuk merawat tanaman-tanaman tersebut. Tenang, masih ada kok cara praktis agar tanaman tersebut tetap segar.

Pakai es batu salah satu cara praktis rawat tanaman hias!

Tanaman tentu membutuhkan air, tapi jika terlalu banyak menuangkan air saat menyiramnya pasti akan tidak baik bagi tanaman tersebut, karena jika kebanyakan air kemungkinan untuk membusuk jadi lebih besar.

Jadi saat sibuk dan tak bisa menyiram tanaman secara berkala, bisa dengan memanfaatkan es batu sebagai pengganti air.

Saat proses penyiraman airnya jadi tidak terlalu banyak kandungan air. Es batu mampu memberi tetesan air yang stabil saat perlahan-lahan mencair. Hal tersebut berguna untuk mencegah tanah dalam pot basah kuyup.

Menempatkan wadah berisi air

Selain dengan es batu, salah satu cara praktis lainnya agar meningkatkan kelembaban pada tanaman dengan menempatkan wadah semacam piring yang berisi air di bawah pot tanaman.

Jadi, saat air menguap, maka kondisi tersebutlah yang mampu meningkatkan kelembaban sekeliling tanaman.

Tapi perlu juga diingat, saat menempatkan pot di atas wadah air tadi, tambahkan pula sejumlah kerikil di bagian bawah pot, agar jalur drainase tak tertutup serta akar tanaman tidak mudah membusuk.

Tempatkan tanaman secara berkelompok

Agar tanaman hias khususnya tanaman tropis tumbuh dengan baik di dalam ruangan, maka mereka butuhkan udara yang lembab.

Selain dengan kedua cara di atas, ada cara lain yang bisa dilakukan untuk merawat tanaman hias di dalam rumah dengan menempatkan tanaman hias tersebut dalam satu kelompok.

Jadi, saat beberapa tanaman dikumpulkan, maka mereka akan saling melepaskan uap air melalui daunnya selama proses transpirasi.

Oleh sebab itu, saat uap air dilepaskan, ada tanaman hias lain yang merasakan peningkatan kelembaban dalam ruangan yang kering dan sangat baik bagi tanaman hias.

Nah, gimana cara praktis rawat tanaman hias di atas? Jadi sekalipun Anda sibuk tidak ada alasan untuk tak merawat tanaman dengan baik ya.

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.