Bamsoet Minta Pemerintah Perhatikan Sistem Peringatan Dini

0

Tandaseru – Ketua DPR RI Bambang Soesatyo menekankan kembali pentingnya sistem peringatan dini atau early warning system kebencanaan di Indonesia. Itu menyusul kejadian tsunami di Selat Sunda pada Sabtu (22/12) kemarin malam, tidak terdapat peringatan dini sebelumnya.

Politkus Golkar itu meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPG) segera melengkapi dan memperbaiki alat tersebut.

“Peralatan early warning system (EWS) penting untuk mencegah jatuhnya korban jiwa apabila terjadi kembali bencana alam seperti longsor, banjir, gempa bumi, maupun tsunami,” ujar Bambang kepada wartawan, Minggu (23/12).

Menurutnya, waktu peringatan dini merupakan aspek yang paling penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat. Hal ini dapat meminimalisir terjadinya korban jiwa dan materi akibat bencana.

“Kita juga tak lupa mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat peralatan early warning system (EWS),” ujar Bambang.

Sementara itu Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api, Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Wawan Irawan, mengatakan sementara ini pihaknya tak bisa menyimpulkan dulu tsunami tersebut terjadi akibat krakatau atau bukan.

“Kalau dari sisi kegempaan jelas itu jelas tsunami bukan karena letusan Krakatau. Tapi yang perlu kita cek itu apakah ada longsoran tubuh dari Krakataunya sendiri. Sehingga menyebabkan tsunami,” ujar Wawan kepada wartawan, Minggu (23/12).

Menurut Wawan, kalau tsunami tersebut disebabkan oleh Gunung Krakatau, seharusnya kalau terjadi longsoran ada letusan yang besar sekali sehingga terjadi tsunami.

Sejauh ini, memang pernah terjadi tsunami yang dipicu oleh Krakatau. “Itu ya pada saat letusan 1883. Salah satunya ada longsoran Krakataunya. Besarannya di atas 6 BE nya,” katanya.

3 Comments
  1. ufabtb

    … [Trackback]

    […] Here you will find 81797 more Information on that Topic: tandaseru.id/2018/12/24/bamsoet-minta-pemerintah-perhatikan-sistem-peringatan-dini/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2018/12/24/bamsoet-minta-pemerintah-perhatikan-sistem-peringatan-dini/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Find More on to that Topic: tandaseru.id/2018/12/24/bamsoet-minta-pemerintah-perhatikan-sistem-peringatan-dini/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.