Lakukan 4 Gerakan Mudah Ini Untuk Meredakan Nyeri Tulang Ekor

1

Tandaseru – Apabila tulang ekor nyeri pasti aktifitas kita pun akan terhambat, karena tulang ekor merupakan tulang yang berada di ujung bawah tulang belakang dan bertugas untuk menopang panggul. Kadang kita kesulitan sendiri untuk mengatasi nyeri pada tulang ekor.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan tulang ekor menjadi sakit, mulai dari posisi duduk yang salah, melakukan aktifitas yang berlebihan, hingga seorang ibu yang baru saja melahirkan.

Namun Anda tidak perlu khawatir, karena beberapa gerakan mudah ini dapat Anda praktekan di rumah guna mengurangi rasa sakitnya.

Gerakan sederhana seperti Single Knee Hug dapat membantu meredakan nyeri pada tulang ekor

Caranya melakukannya dengan berbaring di atas matras atau lantai, lalu tekuk satu lutut ke arah dada dan biarkan kaki yang satu tetap lurus atau sedikit menekuk.

Kemudian pegang lutut yang tertekuk dan tarik menuju ke arah bawah dada. Tahan hingga 30 detik, lalu ulangi dengan satu kaki yang lain.

Gerakan ini berfungsi untuk meregangkan otot piriformis dan otot iliopsoas, keduanya merupakan otot yang kerap bermasalah dan membatasi gerakan di sekitar tulang ekor.

Kneeling psoas stretch

Posisikan kaki yang satu di depan dengan posisi berlutut dan badan tegap. Sedangkan posisi kaki yang satu diluruskan ke belakang.

Jangan lupa pada kaki yang diluruskan ke belakang luruskan juga jari kakinya. Perlu diingat, posisi tubuh harus benar-benar lurus hingga Anda dapat merasakan tarikan otot pada tulang belakang.

Demi menjaga keseimbangan letakkan tangan di pinggul. Tahan posisi ini lebih kurang 30 detik, ulangi secara bergantian.

Gerakan ini akan membantu meredakan nyeri di tulang ekor yang sering kaku akibat duduk terlalu lama.

Triangle pose

Buka kaki selebar mungkin dan jaga agar tetap lurus. Posisikan badan tegak lurus dan rentangkan tangan kesamping usahakan lurus posisi tangannya.

Miringkan tubuh perlahan sambil membuang nafas. Jika Anda memiringkan posisi ke kanan maka tangan kiri Anda menyentuh pergelangan kaki kanan dan juga sebaliknya.

Tapi apabila Anda tidak dapat memegang pergelangan kaki, cukup turunkan tangan sejauh yang Anda bisa namun tetap dengan posisi kaki yang lurus.

Tahan selama 7 kali pernafasan dan lakukan ini secara berulang. Tujuannya adalah untuk menstabilkan tulang ekor dan tulang belakang.

Bow pose

Cara melakukannya dengan tengkurap diatas matras. Lalu tekuk kedua lutut keatas dan raih pergelangan kaki yang sudah ditekuk dengan tangan Anda.

Jika pergelangan kaki telah diraih, tarik nafas sambil gerakkan kaki dan tangan ke arah atas. Tarik setinggi mungkin sampai dada Anda terasa terangkat tinggi.

Tahan hingga 5 kali nafas sebelum kembali menurunkan dada ke matras, kemudian ulangi hingga 3 kali.

Gerakan bow pose bermanfaat untuk memperkuat tulang ekor, otot punggung dan juga tendon. Selain itu, gerakan ini sangat mudah dilakukan bahkan bagi pemula.

Itulah 4 gerakan sederhana yang dapat mengatasi nyeri pada tulang ekor. Lakukan gerakan diatas secara rutin agar rasa sakit pada tulang ekor dapat segera teratasi. Semoga bermanfaat.

2 Comments
  1. go

    … [Trackback]

    […] Info to that Topic: tandaseru.id/2019/08/30/mengatasi-nyeri-pada-tulang-ekor-dengan-mengikuti-4-gerakan-ini/ […]

  2. เจ็บคอ

    … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: tandaseru.id/2019/08/30/mengatasi-nyeri-pada-tulang-ekor-dengan-mengikuti-4-gerakan-ini/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.