Mahfud MD: Waspadai Propaganda Politik di HUT OPM

2

Tandaseru – Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD meminta semua pihak waspada terhadap propaganda politik yang dimunculkan jelang hari peringatan ulang tahun Organisasi Papua Merdeka (OPM) pada 1 Desember 2019 mendatang.

Mahfud mengingatkan jangan sampai propaganda ini dimunculkan untuk membuat kerusuhan di Papua.

“Hal itu menjadi perhatian bagi kita agar Papua berhati-hati secara politis karena dari segi keamanannya sudah standar. Secara politis itu maksudnya kadang-kadang dibangun opini-opini yang tidak-tidak padahal pada kenyataannya di lapangan tak benar, semua sudah kita antisipasi,” ungkap Mahfud MD di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta (5/11/2019).

Mahfud memastikan pemerintah dan aparat keamanan telah menyiapkan strategi yang sesuai dengan Standar Operasional Prosedur (SOP) jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. “Semua sudah ada SOP-nya, kalau ada pelanggaran SOP akan ditindak termasuk jika dilakukan oleh internal aparat,” tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Johnny Gerard Plate mengatakan, kementeriannya tak berencana membatasi internet pada saat hari lahir Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang jatuh pada 1 Desember 2019. Sebab, belum ada tanda-tanda kekacauan di wilayah tersebut.

“Tidak ada (pembatasan internet). Terjadi disorder (kekacauan) tidak?” kata Johnny di kantor Kementerian Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Kemenko Polhukam), Jakarta, Kamis (31/10).

Ia menjelaskan, pembatasan internet baru akan dilakukan jika ada potensi kekacauan atau hal-hal lain yang membahayakan kedaulatan negara. Misalnya, muncul konten negatif seperti hoaks dan ujaran kebencian terkait keonaran di suatu wilayah, maka kebijakan itu diterapkan.

1 Comment
  1. แทงหวย

    … [Trackback]

    […] There you can find 840 more Info to that Topic: tandaseru.id/2019/11/06/mahfud-md-waspadai-propaganda-politik-di-hut-opm/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.