Es Cincau Gula Merah Bikin Badan Segar Setelah Berpuasa

12

JAKARTA (tandaseru) – Biasanya es cincau mudah kita temukan di pedagang pinggir jalan saat mencari takjil. Sayangnya, di masa karantina karena pandemi virus corona kita harus memastikan kebersihannya. Untuk itu, bikin sendiri saja resep es cincau gula merah di rumah.

Es cincau ala abang-abang memang segar, tetapi demi kebaikan Anda dan keluarga yang sedang menjalani masa karantina, tak ada salahnya membuat minuman segar ini sekaligus mengisi waktu luang selama berpuasa.

Cincau hitam juga memiliki manfaat untuk kesehatan terutama saat puasa Ramadan. Terutama untuk sistem pencernaan, karena mengandung serat makanan tinggi sampai menurunkan dan menjaga berat badan karena mengandung kalori yang rendah.

Intip resepnya yang mudah dan praktis untuk buka puasa hari ini yuk! Rasanya dijamin tak kalah segar dengan resep ala abang-abang es cincau kok.

Resep Es Cincau Gula Merah untuk Buka Puasa, Segar!

Bahan-bahan

Bahan utama yang perlu Anda siapkan adalah 1 kotak cincau hitam yang sudah dipotong sesuai selera, 200 gram gula merah yang dicairkan bersama air 100 ml dan  1 bungkus santan siap pakai.

Kemudian sediakan 2 lembar daun pandan yang sudah disimpulkan, 1/2 sdt garam dan selasih untuk pelengkap minuman.

Cara membuat minuman segar untuk buka puasa

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah masak santan siap pakai dengan air, garam, dan daun pandan sampai mendidih, diamkan sampai dingin.

Tips memasak santan untuk es cincau adalah ketika memasak santan harus diaduk terus hingga mendidih agar santan tidak pecah.

Selanjutnya, cairkan gula merah, masak dengan menggunakan api sedang hingga kental.

Setelah mengental, tuangkan gula merah cair terlebih dulu, kemudian es batu, cincau, selasih, dan santan yang sudah dimasak.

Nah, sudah jadi deh! Es cincau gula merah siap dihidangkan sebagai minuman buka puasa. Dijamin bikin tubuh berenergi dan segar setelah seharian berpuasa. Selamat mencoba resep es cincau gula merah di rumah ya!

1 Comment
  1. 토렌트 다운

    … [Trackback]

    […] Here you can find 36846 additional Info on that Topic: tandaseru.id/2020/05/02/resep-es-cincau-gula-merah-untuk-buka-puasa-segar/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.