Wow! Ada Trem “Wonderful Indonesia” Menyusuri Kota Wina

2

WINA (tandaseru) – Pandemi Covid-19 yang memukul sektor pariwisata membuat Kedutaan Besar/Perutusan Tetap Republik Indonesia (KBRI/PTRI) di luar negeri mencari berbagai cara untuk tetap mempromosikan keindahan Indonesia.

Salah satunya cara kreatif yang dilakukan oleh Kedutaan Besar/Perutusan Tetap RI (KBRI/PTRI) di Wina, Austria. Bekerja sama dengan Kemenparekraf, KBRI/PTRI Wina melakukan promosi wisata ‘Wonderful Indonesia’ melalui trem yang menyusuri titik-titik keramaian kota Wina.

Promosi yang berlangsung selama dua bulan penuh tersebut secara resmi diluncurkan oleh Duta Besar RI untuk Austria Dr. Darmansjah Djumala pada Rabu (9/12), yang didampingi oleh manajer promosi trem Mr. Reinhard Benesch.

Dalam sambutannya, Dubes Darmansjah menyatakan industri pariwisata saat ini menghadapi tantangan berat karena pandemi Covid-19, namun dalam beberapa waktu mendatang diperkirakan mulai pulih dan kembali menggerakkan ekonomi.

Kegiatan promosi ini merupakan salah satu langkah untuk mengantisipasi datangnya masa pemulihan tersebut, sekaligus menjaga animo warga Austria untuk berwisata ke Indonesia.

(KBRI/PTRI Wina)

“Tuntutan situasi pandemi yang membatasi kegiatan berkumpul mengharuskan KBRI mencari opsi-opsi kreatif untuk bisa tetap berpromosi. KBRI berharap melalui kegiatan ini, ingatan publik Austria terhadap Indonesia dapat tetap terjaga dan wisatawan dari Austria akan segera kembali mengunjungi Indonesia setelah pandemi teratasi,” ujar Dubes Darmansjah.

Trem “Wonderful Indonesia” beroperasi di tiga jalur, yaitu 9, 37 dan 42, yang merupakan sarana transportasi bagi warga untuk bepergian ke beberapa titik keramaian kota Wina, yakni kawasan Schottentor dan pusat perbelanjaan Mariahilferstrasse.

Desember dan Januari menjadi salah satu pilihan waktu yang tepat untuk berpromosi karena banyak warga Austria bepergian untuk berbelanja. Suasana musim dingin juga dapat membangkitkan hasrat untuk untuk mengunjungi Indonesia sebagai negara tropis yang kaya akan keindahan alam dan budaya.

(KBRI/PTRI Wina)

Berbagai kegiatan promosi pariwisata selama ini terus dilakukan oleh KBRI/PTRI Wina bersama Kemenparekraf, antara lain melalui keikutsertaan pada pameran pariwisata tahunan terbesar di Austria, Ferien Messe Wien, bahkan pernah menjadi partner country pada 2019.

Upaya-upaya promosi ini telah membuahkan hasil yang cukup positif. Data Kemenparekraf menunjukkan bahwa jumlah wisatawan Austria yang berkunjung ke Indonesia meningkat dari 25.764 pada 2017 menjadi 28.476 pada 2019.

Walaupun dari segi kuantitas wisatawan dari Austria ke Indonesia tidak terlalu besar, namun dengan pendapatan per kapita yang mencapai USD 58.943 (2019) mereka memiliki daya konsumsi yang sangat tinggi.

 

 

1 Comment
  1. mzplay says

    Portal berita yang memberikan analisis yang mendalam dan memberi pandangan yang lebih luas.

Leave A Reply

Your email address will not be published.