FOKUS

Pukis Tape Spesial untuk Camilan di Rumah

JAKARTA (tandaseru) – Tape adalah makanan khas Bandung yang berasal dari fermentasi singkong. Jika ingin memasak hidangan dari olahan tape, Anda bisa membuat resep pukis tape yang manis dan lembut dimulut.

Sebenarnya makanan ini bisa dikonsumsi secara langsung tanpa diolah. Namun kebanyakan orang akan mengolah tape terlebih dahulu dengan berbagai hidangan agar semakin nikmat.

Misalnya bisa diolah menjadi bolu, dan donat. Cita rasa olahan tape sangat legit karena memadukan antara rasa asam, manis, dan gurih.

Nah, kali ini ikuti cara membuat olahan tape menjadi kudapan yang lezat yuk.  Pukis tape bisa jadi camilan yang menggugah selera loh. Cocok untuk menemani waktu santai Anda bersama keluarga di rumah.

Resep Pukis Tape yang Lembut Dimulut

Bahan-bahan

Sediakan bahan utama dalam membuat pukis yaitu 60 gram tape singkong yang sudah dihaluskan. Kemudian 260 gram tepung terigu serbaguna, 125 gram mentega, 3 butir telur ayam, dan 1 butir kuning telur.

Kemudian 310 santan kental, 200 gram gula pasir, 3 lembar daun pandan disobek-sobek, dan margarin untuk olesan di cetakan.

Sediakan juga mesis dan keju atau sesuai selera untuk topping.

Begini langkah mudah membuat pukis tape

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah masak santan dan daun pandan terlebih dahulu hingga mendidih sambil diaduk terus. Angkat dan saring.

Kemudian cairkan mentega, dan diamkan di suhu ruang. Lalu kocok lepas telur dan gula dengan mixer sekitar 7 menit dengan kecepatan tinggi hingga mengental.

Step selanjutnya, masukkan ragi, kocok rata dengan kecepatan rendah. Kemudian masukkan tape, kocok rata kembali dan matikan mixer.

Jika sudah, masukkan tepung sedikit demi sedikit sambil terus diaduk. Lalu masukkan mentega cair sambil diaduk aduk rata dan itirahatkan selama 1 jam.

Setelah menunggu 1 jam, maka aduk adonan yang sudah diistirahatkan.

Kemudian panaskan loyang cetakan pukis, olesi dengan margarin. Masukkan adonan 3/4 dari masing-masing lubang dan tutup loyang.

Jika adonan akan matang, beri mesis atau keju sebagai topping. Lakukan sampai adonan habis, bila pukis sudah matang lalu angkat dan sajikan.

Nah, itu dia resep pukis tape yang lezat dan dapat Anda praktikkan dengan mudah di rumah. Semakin nikmat jika ditemani dengan segelas teh manis hangat. Selamat mencoba ya!

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait