Deretan Hidangan Pembawa Keberuntungan Saat Imlek!

0

JAKARTA (!) – Perayaan Imlek sebentar lagi, banyak hal yang perlu dipersiapkan, mulai dari dekorasi hingga hidangan imlek pembawa keberuntungan.

Ya, ada banyak tradisi saat Imlek, salah satunya mengonsumsi makanan yang dianggap membawa keberuntungan serta berkah, berikut ini makanannya.

Dayu Darou 

Makanan satu ini bisa dikatakan sebagai makanan wajib ketika perayaan Imlek. Jika diartikan secara harfiah nama makanan tersebut adalah “ikan besar dan daging besar.”

Frase tersebut dipakai untuk menggambarkan acara makan bersama sebagai protein hewani jadi menu utamanya, tak seperti menu makanan harian.

Ikan utuh adalah simbol dari kelimpahan, ungkapan China berbunyi ‘you you’ yang artinya “mempunyai ikan” merupakan sepasang homofon ‘yu’, yang artinya “ikan”, terdengar mirip dengan ‘you’, yang artinya “surplus.”

Ketika memakan ikan tersebut saat merayakan Imlek bisa sambil mengucapkan niannian youyu, yang artinya semoga semua punya kelimpahan dari tahun ke tahun!

Chun Juan

Chun Juan merupakan nama lumpia yang berasal dari nama festival musim semi ‘chun jie’ yang juga Tahun Baru China.

Lumpia yang biasanya digoreng renyah dan berwarna kuning keemasan melambangkan batang-batang emas serta menandakan kemakmuran dan juga kesejahteraan pada tahun selanjutnya.

Biasanya, kulit lumpia terbuat dari adonan tepung gandum serta air, kemudian diisi dengan wortel serut, jamur shiitake, kubis, tauge serta daging babi. Cara makannya dengan dicelupkan pada wine Shaoxing, saus tiram serta jahe.

Chang Shou Mian

Jika diartikan secara harfiah, ‘changsou mian’ yang berarti ‘mie panjang umur’.

Dengan memakannya pada tahun baru China, maka dipercaya melambangkan umur panjang dan kehidupan yang sehat dan bahagia.

Selain pada tahun baru, changsou mian juga biasa disajikan saat perayaan hari ulang tahun. Biasanya, mie tersebut digoreng menggunakan saus tiram dengan diberi irisan jamur shiitake serta bok choy.

Atau bisa juga dengan diberi bokchoy serta disiram kuah bening dan dibumbui menggunakan kecap serta jahe.

Puding Babaofan

Puding yang terbuat dari beras ketan serta mempunyai rasa yang manis melambangkan keberuntungan yang sangat besar.

Bukan hanya enak disantap, penampilan dari sajian tersebut juga sangat enak dipandang. Biasanya, diberi isian seperti buah, kacang serta dituangi sirup gula mengkilat.

Biji teratai, kacang almond, plum kering, manisan buah-buahan, jujube, kelengkeng kering, biji aprikot, pasta kacang merah, biji gingko serta goji berry juga biasa dijadikan isian untuk puding tersebut.

Tang Yuan

Hidangan pembawa keberuntungan yang terakhir ini berbentuk bulatan kecil serta punya tekstur yang kenyal.

Makanan tersebut terbuat dari tepung beras ketan serta air, yang menyimbolkan kebersamaan keluarga. Terkadang Tang Yuan diberi isian semacam pasta wijen hitam manis.

Rasa bulatannya memang hambar, namun biasa disajikan dengan kuah yang manis dan ditambahankan dengan fermentasi ketan manis serta bunga guihua atau osmanthus kering.

Pada sebagian besar wilayah China, makanan bulat itu disantap saat awal festival lentera pertanda akhir periode tahun baru China. Tetapi di Shanghai serta China bagian selatan, disantap sepanjang perayaan tahun baru.

3 Comments
  1. find out this here

    … [Trackback]

    […] Here you can find 24986 additional Information on that Topic: tandaseru.id/2018/02/02/deretan-hidangan-pembawa-keberuntungan-saat-imlek/ […]

  2. blote tieten

    … [Trackback]

    […] Here you can find 53632 additional Info on that Topic: tandaseru.id/2018/02/02/deretan-hidangan-pembawa-keberuntungan-saat-imlek/ […]

  3. ข่าวบอล

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2018/02/02/deretan-hidangan-pembawa-keberuntungan-saat-imlek/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.