Simak, Alasan Perut Buncit Berbahaya dan Cara Mengatasinya

2

JAKARTA (!) – Bukan cuma wanita, pria juga bisa mengalami perut buncit. Tapi tahu nggak sih punya perut buncit berbahaya? Tapi tenang, sekalipun berbahaya, bisa kok diatasi.

Memiliki perut buncit, bukan hanya merusak penampilan, tapi ternyata tidak baik untuk kesehatan tubuh. Penasarankan kenapa perut buncit berbahaya dan gimana menanganinya? Makanya baca terus.

Berbahaya untuk kesehatan

Coba ukurlah lingkar pinggang agar tahu apakah perut mengalami obesitas. Caranya bisa memakai meteran yang dilingkarkan pada perut. Posisi meterannya sejajar dengan ujung tulang panggul serta pusar.

Pria yang dinyatakan mengalami obesitas perut bila lingkar pinggangnya lebih dari 90 cm. Sementara pada wanita, di atas 80 cm.

Bagi yang punya perut buncit akibat kebanyakan lemak, maka sebaiknya waspada. Karena ada beberapa risiko yang mampu mengganggu kesehatan.

Lemak viseral merupakan tipe lemak paling berbahaya. Jika lemak tersebut berkumpul dalam tubuh, maka dapat melepaskan senyawa peradangan serta hormon yang mengganggu metabolisme tubuh.

Senyawa peradangan disebut juga sitokin. Senyawa tersebut adalah penyebab peradangan ringan pada tubuh yang menjadikan risiko penyakit jantung meningkat.

Asam lemak bebas jadi senyawa lain yang dikeluarkan lemak viseral.

Senyawa tersebut dapat masuk dalam hati, kemudian memicu beragam perubahan, antara lain peningkatan pada produksi kolesterol buruk sekaligus penurunan produksi kolesterol baik.

Itulah kenapa perut buncit bisa meningkatkan risiko terjangkit kolesterol tinggi. Bukan itu saja, asam lemak bebas bisa jadi penyebab insulin kurang efektif saat mengontrol gula darah, yang meningkatkan risiko diabetes.

Lemak perut yang buncit juga mampu menyebabkan tekanan darah tinggi, stroke bahkan serangan jantung.

Hal tersebut terjadi akibat lemak tersebut memicu perubahan hormon yang mengontrol penyempitan pembuluh darah atau disebut angiotensin.

Cara Mengecilkannya

Lemak viseral merupakan lemak yang berperan pada timbulnya perut buncit. Tidak seperti lemak subkutan yang terletak di dekat kulit, jadi lemak ini ada di sekitar organ dalam, maka akan sulit dihilangkan.

Tapi sulit bukan berarti tidak bisa, agar perut buncit berbahaya lenyap, bisa dengan cara mengencangkan otot perut, lakukanlah sit-up atau gerakan lainnya.

Jika rutin melakukan latihan-latihan tersebut maka menyingkirkan perut buncit bisa terlihat secara signifikan.

Cara Lainnya

Kurangi konsumsi minuman beralkohol. Sebaiknya hindari stress, serta tidur yang cukup. Lemak jaringan di tubuh bisa berkurang jika tidur setidaknya 6 sampai 7 jam.

Perhatikan asupan makanan serta kalorinya. Konsumsilah kalori setidaknya di bawah 500-1000 kalori per hari.

Mulailah konsumsi sayuran, produk biji-bijian utuh, produk susu rendah lemak, buah serta protein tanpa lemak. Jangan lupa perbanyak aktivitas fisik dengan rutin berjalan kaki atau yoga.

Perut buncit berbahaya jika anda tidak menjaga kesehatan dengan baik, tapi saat merubah pola hidup lebih sehat dan rajin berolahraga, tak perlu takut perut buncit kan?

2 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2018/02/11/simak-alasan-perut-buncit-berbahaya-dan-cara-mengatasinya/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More Info here on that Topic: tandaseru.id/2018/02/11/simak-alasan-perut-buncit-berbahaya-dan-cara-mengatasinya/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.