Tumpukan Kondom Bekas Pakai dan Celana Dalam Ditemukan di Saluran Air Limbah Mega Kuningan

3

Tandaseru – Limbah alat kontrasepsi (kondom) bekas pakai ditemukan menumpuk oleh petugas pekerja pembersih saluran air limbah di kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan. Jumlahnya kemungkinan ada ribuan kondom.

“Banyak sekali ya sampah plastik (di sana) termasuk salah satunya masalah kondom itu,” ucap Direktur Utama (Dirut) PD PAL Jaya, Subekti saat dikonfirmasi, Jumat (19/7).

Bukan hanya sampah kondom, subekti merinci banyak sampah yang berdampak pada mampetnya saluran air limbah di sana. Semisal pembalut bekas, botol plastik, hingga celana dalam bekas.

“Celana dalam banyak sekali,” katanya.

Pengerjaan ini, lanjut Subekti telah dilakukan sejak tanggal 2 Juli lalu. Total sudah sepuluh karung berukuran sekitar 10 kg berisi sampah yang tak wajar diangkut dari sana.

Untuk itu, ia minta kesadaran masyarakat tidak membuang sampah ke dalam closet. Banyaknya temuan ini adalah bukti minimnya kesadaran mereka.

“Nah kira-kira itu. Kalau ke toilet jangan buang celana dalam. Jangan gitu. Kalau di toilet kan ada peringatan, itu yang bersihkan kita. Perlu kesadaran ingatkan semua jangan sampai buang sampah ke saluran karena akan mampet. Sekarang kan pipa kita mampet karena itu,” ujar dia.

Terkait temuan sampah kondom bekas pakai, dia tak mau berspekulasi asalnya dari mana. Kuat dugaan sampah jenis itu berasal dari toilet di hotel-hotel di kawasan tersebut.

“Itu kan mungkin hotel-hotek. Itu kan kita gak ini lah, tapi memang banyak sekali sih. (Sampah) Pembalut, kondom (bekas),” katanya lagi.

1 Comment

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.