Polisi Bekuk Empat Warga Negara Bulgaria Pelaku Skimming ATM

0

Tandaseru – Empat warga negara (WN) Bulgaria pelaku kasus ilegal akses (skimming) ATM di kawasan Ubud dan Sanur, Bali dengan modus memasang kamera tersembunyi di balik lampu ATM bank dibekuk polisi.

Keempat tersangka tersebut yakni Stoyanov Georgi Ivanov (43), Filip Aleksandrov (45), Boycho Angelov (41), dan Stoyan Vladimirov (37). Keempat pelaku ini mengaku tidak saling mengenal dan melakukan aksinya sendiri-sendiri.

“Pelaku skimming warga negara Bulgaria pertama ditangkap di TKP Ubud 1 tersangka, dan Sanur ada tiga tersangka. Router dan hidden camera ini berhasil kita ungkap,” kata Dirkrimsus Polda Bali Kombes Yuliar Kus Nugroho, Senin (9/9).

Meski mengaku tidak saling mengenal, modus yang digunakan keempat sama. Yakni, memasang kamera tersembunyi di belakang lampu.

“Anggota Subdit Siber bersama pihak bank melaksanakan patroli ke beberapa lokasi ATM dan menemukan beberapa aksesoris ATM yang rusak sehingga dilakukan pengecekan CCTV dan terlihat rekaman CCTV orang berkewarganegaraan asing membongkar dan memasang alat pada lampu mesin ATM Bank. Setelah dilakukan pengecekan ditemukan adanya kamera tersembunyi (hidden camera) yang merupakan alat yang digunakan oleh pelaku skimming,” jelasnya.

Masyarakat diimbau agar selalu berhati-hati saat bertransaksi di ATM. Apalagi dari data Ditreskrimsus Polda Bali tren kejahatan skimming makin meningkat.

Keempat tersangka dijerat dengan pasal 30 jo Pasal 46 Undang-undang RI No. 19 tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-undang R.I. No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) Jo Pasal 55 KUHP, dengan ancaman hukuman maksimal 8 tahun.

 

2 Comments
  1. ufabtb

    … [Trackback]

    […] Here you will find 50332 additional Information to that Topic: tandaseru.id/2019/09/09/polisi-bekuk-empat-warga-negara-bulgaria-pelaku-skimming-atm/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Read More to that Topic: tandaseru.id/2019/09/09/polisi-bekuk-empat-warga-negara-bulgaria-pelaku-skimming-atm/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.