Disebut “Mirip Monyet”, Organisasi Maluku Satu Gandong Lapor Polisi

1

Tandaseru – Organisasi Maluku Satu Gandong mendatangi Polda Metro Jaya untuk melaporkan salah satu akun yanh berkomentar di salah satu video Youtube. Akun itu dilaporkan karena melontarkan perkataan rasis yang menyebut ‘mirip monyet’.

Laporan polisi itu tertuang pada LP/6004/IX/2019/PMJ/Dit. Reskrimsus dengan pelapor Reandy Dofra Kalitouw dan terlapor pengguna akun YouTube bernama Ari Novriandi. Pasal yang dilaporkan yakni Pasal 27 ayat 3 junto Pasal 45 ayat 3 dan Pasal 28 ayat 2 junto Pasal 45 A ayat 2 UU RI nomor 19/2016 tentang ITE.

“Kita mohon polisi segera bertindak membuat perkara ini terang,” kata anggota Maluku Satu Gandong, Reandy Dofra Kalitouw di Polda Metro Jaya, Jakarta, Jumat (20/9).

Reandy sebagai pelapor melihat video YouTube di akun Revo TM yang berjudul ‘Dept Collector main rampas motor brutal, di hajar PM Cengap2’. Dalam video itu, dia melihat komentar-komentar dari netizen.

“Tanggal 18 September kemarin saya di Cengkareng, kami membuka YouTube itu. Ternyata ada komentar seperti ini dan komentarnya nggak benar,” ungkap Reandy.

Dia menyoroti akun bernama Ari Novriandi yang ikut berkomentar dalam video di YouTube itu. Dalam komentarnya menulis ‘Orang ambon rata2 muka nya mirip monyet di liat nya’.

“(Isi) video itu pemukulan dept collector. Dept collector main rampas motor dihajar PM itu ada di YouTube. Kemudian pada saat komennya Ari Novriandi ini dia menyebut orang Ambon rata-rata mukanya mirip monyet dilihatnya. Ini kan nggak bagus,” jelasnya.

Menurutnya, hal-hal seperti itu membuat masyarakat Maluku tidak nyaman. Sebab, ada unsur-unsur rasis yang membuat organisasinya tersinggung.

“Jangan sampai orang Maluku turun ke jalan, kami nggak ingin itu terjadi sehingga kami anak-anak Maluku muncul kesadaran kebetulan profesi kami advokat kami datang kesini untuk buat laporan polisi agar mencegah tindakan yang tidak ingin kami lakukan,” kata Reandy.

3 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2019/09/20/disebut-mirip-monyet-organisasi-maluku-satu-gandong-lapor-polisi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More to that Topic: tandaseru.id/2019/09/20/disebut-mirip-monyet-organisasi-maluku-satu-gandong-lapor-polisi/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More Info here to that Topic: tandaseru.id/2019/09/20/disebut-mirip-monyet-organisasi-maluku-satu-gandong-lapor-polisi/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.