Cyber Crime Marak, Begini Tips BSSN Untuk Tangkal Phising!

1

Tumbuhkan rasa curiga!

Lebih lanjut, agar menjaga diri tidak jadi korban phising, maka harus banyak belajar dan punya banyak pengetahuan.

Bondan memberi contoh soal kasus ojek online yang meminta tambahan angka 005 di depan sebelum melakukan transaksi, karena harus melakukan verifikasi.

“Mungkin kita berpikir penambahan angka di depan sangat wajar, karena saat kita transfer uang di atm pasti ada kode bank yang ada di depan, sehingga kita tidak curiga padahal dalam kontek ojol tadi itu adalah cara-cara phising.” Ungkap Bondan

Menurutnya, jika sudah ada hal yang sangat mencurigakan terjadi dan seseorang diminta melakukan prosedur yang tidak seharusnya, sebaiknya langsung ditolak saja.

“Begitu cara paling mudahnya. Jadi kalian harus jadi orang yang tidak mudah percaya dan selalu curiga pada transaksi atau kegiatan maya yang tak wajar” tambah Bondan

Informasi saat ini bisa dari mana saja, dan semua orang punya peluang yang sama, dengan gadget dan  koneksi Internet, semua orang bisa mengetahui banyak hal.

Brigjen TNI Bondan pun berpesan pada akhir sesi di acara Nasional Is Me, bahwa hidup itu terlalu singkat untuk belajar, jangan waktu dibuang percuma, tanpa ada hasil.

“Kalau kalian gagal, cobalah lagi dan itu biasa banget, tidak apa-apa. Kalian bisa jadi pemenang pada saat kalian betul-betul tidak menyerah pada diri sendiri. Jadi gunakan waktu sebaik mungkin, akses hal-hal yang bermanfaat saja.” tutupnya

Tandaseru/AjengTR

Nasional Is Me membantu untuk tambah wawasan

Terkait acara Nasional Is Me, mahasiswi BINUS jurusan Sistem Informasi, Kelly berkomentar tentang menariknya acara Nasional Is Me di kampusnya.

“Seru pembicaranya. Kita jadi lebih menjunjung tinggi nasionalisme dan jadi tambah tahu soal cyber security serta bagaimana pengaplikasiannya dalam dunia pemerintahan,” ungkapnya

Menurutnya juga pembicaraan tentang cyber security, sangat bermanfaat terutama bagi dirinya yang masih berkuliah semester 4, mereka jadi merasa lebih tahu banyak tentang IT yang mungkin tidak bisa didapat pengetahuannya jika hanya dari kelas saja.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] Read More Information here to that Topic: tandaseru.id/2020/02/24/tips-bssn-agar-terhindar-dari-phising/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.