Megabats, Kelelawar Raksasa yang Mirip Siluman!

9

JAKARTA (tandaseru) – Pernah melihat kelelawar super besar yang terlihat seperti siluman di dunia nyata? Begini fakta kelelawar raksasa, Megabats yang menakjubkan!

Selalu ada yang unik terjadi di bumi ini, bahkan masih ada makhluk-makhluk yang belum pernah teridentifikasi sebelumnya.

Salah satu hewan yang unik ini merupakan kelelawar yang berukuran besar dan tingginya hampir setengah dari tinggi manusia dewasa.

Mungkin bagi sebagian orang, hal ini tidak masuk akal. Tapi, hal tersebut bisa dibuktikan dengan adanya kelelawar giant golden crowned flying fox.

Kelelawar jenis ini diketahui mempunyai tubuh yang lebih besar dari hewan sejenisnya. Tak heran jika julukan megabat atau kelelawar raksasa ini disematkan pada kelelawar dengan nama latin acerodon jubatus ini.

Seperti apa fakta kelelawar raksasa yang mirip siluman ini?

Hewan malam dengan ukuran raksasa

Giant golden crowned flying fox merupakan jenis hewan malam yang tidak biasa. Jika biasanya kelelawar punya ukuran tubuh yang mungil, tapi tidak dengan kelelawar satu ini yang punya ukuran tubuh besar.

Bahkan akibat ukurannya yang tak biasa, sampai orang-orang menjulukinya megabats alias kelelawar raksasa. Menurut unggahan akun twitter bernama Alex pada Juni lalu, bentang sayapnya bisa mencapai 1,7 meter jika direntangkan dan saat itu kelelawar tersebut ditemukan di Filipina.

Kelelawar pemakan buah

Hewan satu ini termasuk famili Pteropodidae, yang merupakan jenis kelelawar raksasa pemakan buah atau Giant Fruit Bats dan madu dari bunga.

Biasanya, kelelawar ini kerap melakukan perjalanan sampai 25 mil jauhnya hanya untuk mencari makanan di malam hari. Seperti dilansir dari IFL Science, hewan ini punya penciuman dan penglihatan yang sensitif untuk mendapat makanan.

Ditemukan di wilayah tropis dan sub tropis

Biasanya kelelawar raksasa ini ditemukan di negara Asia Tenggara seperti Filipina seperti di Pulau Bohol, Boracay, Cebu, Leyte, Luzon, Mindanao, Mindoro, Negros dan Polillo.

Habitatnya berada dalam gua dan hutan hujan. Ketika siang tiba, kelelawar besar ini biasa ditemukan bergelantungan di dahan pohon atau tempat lainnya.

Terancam punah akibat penggundulan hutan

Namun, keberadaan para kelelawar besar tersebut saat ini tengah terancam kepunahan akibat perburuan liar dan maraknya penggundulan hutan yang mengusik tempat tinggalnya.

Sejak 2016, giant golden crowned flying fox terdaftar sebagai spesies yang terancam punah oleh Badan Konservasi Alam Internasional (IUCN).

Sekilas mirip siluman

Dengan ukurannya yang tak biasa, orang awam akan melihat giant golden crowned flying fox itu sekilas seperti siluman. Di Indonesia memang kental dengan nuansa mistis, hewan raksasa tersebut mungkin mirip dengan Keblek yaitu kelelawar jadi-jadian, hasil persekutuan manusia dengan setan yang mencuri beras.

Secara ilmiah, keberadaan kelelawar raksasa tersebut telah ada dan dikenal luas. Hanya saja, wujudnya terlihat tak biasa dan menyeramkan jika pertama kali melihatnya.

Setelah membaca fakta kelelawar raksasa di atas, apa yang kira-kira Anda lakukan jika tak sengaja berjumpa dengan kelelawar raksasa tersebut?

Leave A Reply

Your email address will not be published.