Wakapolda Papua Pimpin Rakernis Fungsi Binmas

0

JAYAPURA (tandaseru) – Wakapolda Papua Brigjen Pol Yakobus Marjuki, membuka Rakernis Fungsi Binmas, di Aula Rastra Samara Polda Papua, Rabu (16/9).

Pada kegiatan itu, Dir Binmas Polda Papua mengucapkan terimakasih kepada para Kasat Binmas atas kehadirannya dalam kegiatan ini karena nantinya akan sangat bermanfaat untuk rekan semua dalam melaksanakan tugas dan sebagai ajang evaluasi hasil kerja rekan semua.

 

“Kegiatan ini juga bertujuan untuk persiapan menghadapi Pilkada yang akan datang serta tahun depan kita akan menghadapi Otsus yang akan berakhir dan juga yang akan kita hadapi yaitu penangan Pandemi Covid-19.” ujarnya.

Wakapolda Papua, pada kesempatan yang sama, mengatakan bahwa dalam kehidupan masyarakat Madani yang bercirikan Demokrasi dan Supremasi Hukum, Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) khususnya Polda Papua dituntut untuk mampu memberikan jaminan keamanan, ketertiban dan perlindungan Hak Asasi Manusia (HAM) kepada masyarakat serta dapat menunjukkan transparansi dalam setiap tindakan, menjunjung tinggi kebenaran, kejujuran, keadilan, kepastian dan manfaat sebagai wujud pertanggungjawaban terhadap publik (akuntabilitas publik).

“Demikian pula yang terjadi dalam tubuh Institusi Kepolisian, yang saat ini sedang melaksanakan proses reformasi birokrasi untuk menjadi Kepolisian sipil yang dituntut untuk dapat menyesuaikan diri dengan perkembangan kehidupan masyarakat dengan cara merubah pendekatan yang reaktif dan konvensional (kekuasaan) menuju pendekatan yang proaktif dan mendapat dukungan publik dengan mengedepankan kemitraan dalam rangka pemecahan masalah-masalah sosial.” ujarnya.

Wakapolda juga menyampaikan, harus ada perubahan Paradigma Polri dalam berinteraksi dengan masyarakat. Untuk mewujudkan hubungan Polisi dengan masyarakat yang ideal bukanlah merupakan hal yang mudah ada yang berproses sangat cepat dan ada juga yang lambat, namun yang lebih penting adalah bagaimana Polisi bersama-sama dengan segenap komponen masyarakat mampu mencegah terjadinya berbagai bentuk kejahatan dengan memperoleh dukungan dari masyarakat secara maksimal.

“Untuk itu upaya mencegah kejahatan yang dilakukan oleh Kepolisian bersama dengan warga masyarakat harus dapat menimbulkan efek pencegahan terhadap timbul dan berkembangnya kejahatan, oleh karena itu upaya yang dilakukan harus sistematik baik yang bersifat preventif maupun represif, terutama jelang Pilkada yang akan kita hadapi sebentar lagi” ujarnya.

Rakernis yang dilaksanakan merupakan sarana bagi semua, untuk mengkaji dan mengevaluasi, baik terkait pencapaian maupun hambatan pelaksanaan tugas serta strategi menghadapi berbagai tantangan tugas kedepan, dengan anev yang kita lakukan diharapkan akan mampu menetapkan serta merumuskan kebijakan dan program-program yang dapat mengatasi berbagai hambatan yang ada sehingga seluruh pelaksanaan tugas dapat berjalan secara efektif dan efisien serta mencapai hasil yang diharapkan.

Leave A Reply

Your email address will not be published.