Potensi Multibahaya di Tengah Pandemi Covid-19, Perlunya Kesiapsiagaan Individu dan Komunitas

9

JAKARTA (tandaseru) – Diskusi internasional menjadi bagian dari rangkaian Peringatan Bulan Pengurangan Risiko Bencana (PRB) yang diselenggarakan pada tahun 2020. Topik yang diangkat pendekatan terhadap potensi multibahaya di tengah pandemi Covid-19.

Topik tersebut menjadi isu bersama tidak hanya di Indonesia tetapi juga di dunia karena penyebaran virus SARS-CoV-2 masih terus menginfeksi sejumlah populasi di dunia.

Pada saat yang sama potensi bahaya geologi dan hidrometeorologi dapat saja terjadi sehingga masyarakat menjadi lebih rentan terhadap ancaman bahaya tersebut.

Salah satu sintesis diskusi menyebutkan bahwa perlu peningkatan kapasitas individu dan komunitas melalui pemberdayaan masyarakat serta pendidikan tentang bahaya, seperti informasi mengenai Covid-19.

Hal ini disampaikan oleh Manajer Program WHO South East Asia Regional Office Nilesh Buddha pada diskusi internasional secara virtual, Senin (12/10), penguatan kesiapsiagaan di wilayah yang dengan risiko tinggi dan pelibatan komunitas dan bekerja sama dengan masyarakat sipil.

Penyebaran Covid-19 dengan sangat mudah dapat menjadikan kerentanan yang lebih tinggi pada saat suatu populasi terdampak bencana. Oleh karena itu, protokol untuk manajemen krisis Covid-19 dan bencana alam menjadi upaya yang harus dipastikan, seperti menjaga jarak, pemeriksaan suhu tubuh, pembuatan database pelacakan penyintas atau pengujian setelah evakuasi. Kesiapsiagaan sangat penting untuk dimulai dari individu, keluarga dan komunitas.

Belajar dari pengalaman Filipina, peneliti dari Universitas De La Salle Marlon de Luna Era mengatakan konteks di negaranya, kurangnya tempat evakuasi akan berdampak pada kesiapsiagaandan dan response di masa depan.

3 Comments
  1. Visit Website

    … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2020/10/13/potensi-multibahaya-di-tengah-pandemi-covid-19-perlunya-kesiapsiagaan-individu-dan-komunitas/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Info on that Topic: tandaseru.id/2020/10/13/potensi-multibahaya-di-tengah-pandemi-covid-19-perlunya-kesiapsiagaan-individu-dan-komunitas/ […]

  3. … [Trackback]

    […] Read More here on that Topic: tandaseru.id/2020/10/13/potensi-multibahaya-di-tengah-pandemi-covid-19-perlunya-kesiapsiagaan-individu-dan-komunitas/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.