Sempat Mendarat Darurat di Nimbokrang, Helikoper Kembali Terbang

1

JAYAPURA (tandaseru) – Helikopter yang sempat mendarat darurat akibat cuaca buruk, akhirnya kembali terbang, di Lapangan Sepakbola Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura, Senin (8/2).

Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol Ahmad Musthofa Kamal mengatakan, Helikopter Jenis MI-8MTV-I dengan Nomor Registrasi UP-MI815, yang dipiloti Capt. Oleksii Iegorychev, co pilot Capt. Valeria Chomomorets serta 4 kru/engginering dan ditumpangi 6 staf perusahaan Intirade Persada, yang sebelumnya melakukan pendaratan darurat akibat cuaca buruk di lapangan Sepakbola Blok D, Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang Kabupaten Jayapura, hari ini kembali terbang atau Take off dengan tujuan lapangan terbang Advent Doyo Baru Kabupaten Jayapura.

“Kita ketahui, pada hari Minggu tanggal 7 Februari 2021, Helikopter yang digunakan Perusahaan Initrade Persada Nusantara awalnya hendak terbang dari lapangan terbang Advent Doyo Baru, dengan tujuan Kabupaten Mimika, namun setelah mendapat informasi dari Bandara Timika bahwa cuaca buruk kemudian balik ke Doyo Baru, dan mendapat cuaca buruk sehingga pada akhirnya mendarat darurat di Lapangan Sepakbola Kampung Benyom Jaya I Distrik Nimbokrang, setelah terbang kurang lebih 1 jam.” terangnya.

Setelah menempuh penerbangan sekitar kurang lebih 1 (satu) jam pilot menerima informasi dari Bandara Timika bahwa cuaca tidak mendukung untuk melanjutkan perjalanan, sehingga helikopter merubah rute untuk mendarat kembali ke Doyo Baru.

Dikarenakan cuaca tidak mendukung, helikopter kembali memutar arah ke daerah Distrik Nimbokrang untuk mencari lokasi pendaratan yang aman, awalnya helikopter sempat mendarat darurat di ladang Kampung Benyom Jaya II, namun karena kondisi tanah yang gembur akhirnya helikopter kembali mencari tempat pendaratan di Lapangan Sepak Bola Kampung Benyom Jaya II dan juga terjadi hal yang sama dimana pada saat mendarat tanah amblas karena tidak dapat menahan beban helikopter tersebut.

“Tidak ada korban dalam insiden tersebut dan sesuai yang dijadwalkan oleh pihak Perusahaan kemarin apabila cuaca di Kabuaten Jayapura mendukung, Helikopter akan terbang kembali di Bandara Advent Doyo Baru dan hari ini karena cuaca mendukung akhirnya Helikopter tersebut dapat diterbangkan kembali.” ujarnya. 

Leave A Reply

Your email address will not be published.