FOKUS

Resmi Jadi Wanita, Lucinta Luna Ganti Nama dari Muhammad Fatah Jadi Ayluna Putri

JAKARTA (tandaseru) – Polisi telah menerima surat keputusan pergantian jenis kelamin dari Pengadilan Negeri Jakarta Selatam untuk Artis Lucinta Luna dari laki-laki menjadi wanita. Putusan itu keluat sejak Desember 2019.

“Putusan pengadilan sudah menyatakan bahwa yang bersangkutan (Lucinta Luna), pertama menerima permohonan dari pemohon untuk perubahan jenis kelamin dari laki-laki menjadi seorang wanita dengan nama yang lama adalah MF (Muhammad Fatah) menjadi AP (Ayluna Putri),” ujar Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus di Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, Kamis (13/2).

Setelah PN Jakarta Selatan mengeluarkan keputusan pergantian itu, Lucinta pun mengganti jenis kelamin pada akta kelahiran dan paspor.

Pada konferensi pers kasus penyalahgunaan narkoba yang menjerat Lucinta kemarin, polisi menyampaikan jenis kelamin pada paspor Lucinta adalah laki-laki.

Faktanya, saat itu, Lucinta menyerahkan paspor lama yang belum diganti informasi jenis kelaminnya.

“Kemarin saya juga sampaikan bahwa di KTP-nya itu jenis kelamin perempuan dan juga (jenis kelamin) paspor adalah laki-laki. Memang betul (ada perbedaan informasi jenis kelamin) karena kemarin yang diserahkan ke kita paspor yang lama,” kata Yusri.

“Tapi setelah keluar putusan pengadilan dengan kekuatan hukum yang tetap, dia sudah membuat lagi paspor yang baru dengan jenis kelamin perempuan,” lanjutnya.

Sebelumnya diketahui, polisi mengamankan Lucinta Luna dan tiga orang lainnya di salah satu apartemen yang berada di Jakarta Pusat.

Lucinta Luna dan ketiga rekannya ditangkap pada pukul 01.30 WIB dan langsung dibawa ke Polres Metro Jakarta Barat. Saat diamankan, polisi menemukan tiga butir narkoba jenis ekstasi di keranjang sampah.

Sementara itu, hasil tes urin Lucinta Luna menunjukkan positif Benzodiazepin. Adapun, hasil tes urin tiga rekan Lucinta Luna menunjukkan negatif penggunaan narkoba.

Saat ini, Lucinta ditahan di Rutan Narkoba Polda Metro Jaya. Lucinta ditempatkan di ruangan khusus di blok tahanan wanita karena kapasitas tahanan di blok tahanan laki-laki telah penuh.

Selain itu, penempatan Lucinta di blok tahanan wanita bertujuan untuk mencegah perundungan (bully).

Dapatkan berita terbaru langsung dari Tandaseru.id

Kumpulan Berita Terkait