Lakukan Ini Jika Banjir Datang!

3

JAKARTA (!) – Intensitas hujan yang cukup tinggi sering kali menyebabkan banjir, khususnya di kawasan yang menjadi tempat langganan banjir. Lantas, apa yang harus dilakukan saat banjir datang? Ini yang harus kita lakukan kalau banjir mengancam.

Matikan aliran listrik

Ketika banjir datang segara cabut seluruh aliran listrik, cabut seluruh kabel yang masih tercolok pada sakelar listrik seperti charger handphone dan lain sebagainya. Hal ini dilakukan untuk menghindari listrik korslet. Apalagi, jika rangkaian kabel yang ada di rumah sangat semeraut. Segera matikan listrik di rumah.

Amankan perabot elektronik

Seperti kita ketahui, tentunya prabot elektronik macam tv, kulkas, tape, radio, dvd, pc, laptop sangat rentan terhadap air. Karena itu, segera letakkan barang-barang elektronik tersebut di tempat yang aman. Biasanya, untuk daerah-daerah langganan banjir dibuatkan lantai atas, sebegai tempat menyimpan perabot-perabot elektronik tersebut.

Amankan dokumen penting

Yang tidak boleh dilupakan ketika banjir dating adalah mengamankan beberapa dokumen penting dan perhiasan. Dokumen seperti ijazah, akte kelahiran, surat tanah, sertifikat rumah, dan lain sebaginya pasti sangat berharga, dan harus selalu terjaga dengan baik.

Maka dari itu, gunakan box yang terbuat dari plastik sebagai tempat penyimpanan, agar dokumen-dokumen penting tidak rusak terkena air.

Mengungsi ke tempat aman

Ketika banjir semakin meninggi, jangan ambil risiko dengan keselamatan, mengungsilah ke tempat yang aman dari banjir. Apalagi jika tidak mempunyai kemampuan renang. Jangan mengambil risiko dengan berdiam diri saat air semakin tinggi dan menenggelamkan kita.

Baca Juga:

Lakukan patroli

Jika mengungsi telah menjadi solusi, yang harus dilakukan adalah menjaga keamanan amankan rumah dengan melakukan pengecekan kemanan rumah secara berkala. Maklum, di tengah musibah banjir, terkadang ada saja orang yang mengambil kesempatan dalam kesempitan.

Ya, di tengah musibah banjir yang terjadi kita memang patut waspada akan adanya aksi pencurian. Karena itu, meski rumah sudah ditinggalkan lakukan patroli secara berkala untuk menjaga keamanan barang-barang berharga yang tertinggal dari incaran para pencuri.

3 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: tandaseru.id/2017/10/15/lakukan-ini-jika-banjir-datang/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: tandaseru.id/2017/10/15/lakukan-ini-jika-banjir-datang/ […]

  3. Read Full Article

    … [Trackback]

    […] Find More here on that Topic: tandaseru.id/2017/10/15/lakukan-ini-jika-banjir-datang/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.