Menkeu: Pemerintah Berkeinginan Tanggalkan Middle Income Country

0

Tandaseru – Pemerintah berkeinginan bisa menanggalkan level sebagai negara middle income country menjadi negara middle income upper country, yang berarti akan lebih tinggi lagi.

Karena itu, pemerintah tengah mengidentifikasi tantangan-tantangan yang perlu dijawab hari ini.“Seperti pembangunan sumber daya manusia (SDM), mulai strategi pendidikan, kesehatan, jaring pengaman sosial, termasuk training tenaga kerja,” kata Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani Indrawat, Rabu (6/3).

Menurut dia hal-hal seperti itu akan dibahas lebih detil pada tahap awal dalam Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2020. Namun, sifatnya masih direction. Jadi, arahnya dulu, belum sampai kepada detil.

Dari sisi pembangunan katanya yang dibutuhkan untuk meningkatkan produktivitas, inovasi dan daya saing. Untuk itulah, pemerintah membahas terhadap  infrastruktur yang selama ini sudah dibangun.

“Jadi pembahasannya untuk bisa meningkatkan peranan dari sektor manufaktur dalam kerangka menciptakan struktur ekonomi yang lebih seimbang, seperti membahas neraca pembayaran, defisit eksternal balance, dan kemampuan ekspor dan investasi,” terang Menkeu.

Dari sisi itu, lanjut Menkeu,  nanti akan ditetapkan bagaimana kebijakan APBN bisa mendukung tema-tema tersebut, tantangan-tantangan yang harus dijawab. Kemudian tantangan ketiga mengenai demografi, karena kita masih mempunyai demografi yang muda sehingga kita perlu perhatian untuk pendidikan, kesehatan, dan training itu seperti apa.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] There you will find 32762 more Information to that Topic: tandaseru.id/2019/03/06/menkeu-pemerintah-berkeinginan-tanggalkan-middle-income-country/ […]

Comments are closed, but trackbacks and pingbacks are open.