Rencana Ledakkan Indomart, Polisi Sita 28 Bom Rakitan dari Dosen non-aktif IPB cs

0

Tandaseru – Polisi menyebut dosen non-aktif Institut Polisi menyebut dosen non-aktif Institut Pertanian Bogor (IPB) bom rakitan akan dipakai untuk mengebom toko ritel (Indomart) di Jakarta saat aksi Mujahid 212. Setidaknya ada 28 bom rakitan disita.

Kepala Urusan (Kaur) Peledak Puslabfor Mabes Polri Kompol Heri Yandi mengatakan daya ledaknya mencapai hingga 30 meter. Hal ini diketahui dari ujicoba yang telah dilakukan.

“Diuji coba diledakkan, kerusakannya cukup kuat. Bisa jarak 30 meter,” ujar Heri di Mapolda Metro Jaya, Jumat (18/10).

Komponen pembuatan bom ini terdiri dari deterjen, serbuk korek api yang telah dihaluskan, merica, paku hingga mie instan. Merica menimbulkan kerusakan pada mata orang-orang yang berada di sekitar lokasi ledakan. Sedangkan mie itu bertujuan agar pembakaran lebih lama.

“Merica sifatnya pedas dengan harapan (saat diledakkan) asapnya bisa melukai mata. Ada juga (barang bukti) paku yang dililit di luar wadah botol, dilakban, dan kalau meledak bisa melukai orang di sekitar kejadian,” katanya.

Lebih lanjut dia mengatakan para pelaku profesional karena bom rakitan yang dibuat cukup canggih. Penggunaan merica baru ditemui kali ini. Namun tak dirinci mereka belajar dari mana mereka. Bom rakitan ini bisa dibilang mirip dengan rakitan teroris karena diisi paku.

“(Mirip dengan bom teroris) Menggunakan pakunya iya. Sebagian teroris ada yang menggunakan paku. Kalau teroris biasanya pakai pipa besi,” ujarnya.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] Find More Info here to that Topic: tandaseru.id/2019/10/19/rencana-ledakan-indomart-polisi-sita-28-bom-rakitan-dari-dosen-non-aktif-ipb-cs/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.