Hari Antikorupsi, Firli Berharap Indonesia Bebas Korupsi

0

Tandaseru – Ketua KPK terpilih periode 2019-2025, Komjen Firli Bahuri mengatakan peringatan Hari Anti Korupsi Sedunia (Harkodia) adalah hari keprihatinan bagi kita semua.

Dia mengatakan, bangsa Indonesia dingatkan bahwa ada hal serius yang harus menjadi perhatian untuk sama-sama memberantasnya.

Di samping itu, kata dia, Hakordia juga memberi makna peringatan (alarm warning) bahwa kita masih memiliki masalah korupsi, karena tidak semua negara melaksanakan peringatan Harkordia terutama negara-negara yang memang tidak lagi menempatkan korupsi sebagai masalah serius karena memang tidak ada lagi korupsi (zero corruption).

“Saya berharap suatu saat, Indonesia tidak lagi melaksanakan peringatan Harkodia karena negara kita sudah bersih dari korupsi, dan kita sudah bebas dari korupsi. Untuk itu mari kita bersama mengambil peran untuk melakukan pemberantasan korupsi sesuai dengan tataran hak, kewajiban, kewenangan, dan kita semua harus berperan aktif membebaskan bangsa kita dari masalah korupsi,” ujar Firli dalam keterangan tertulis, Senin (9/12).

Dikatakannya, banyak hal yang bisa dilakukan seluruh anak bangsa dalam pemberantasan korupsi sebagaimana diamanatkan UU No 19 Tahun 2019 atas perubahan UU Nomor 30 Tahun 2002 tentang Komisi Pemberantasan Korupsi.

KPK sebagai garda terdepan yang merupakan tumpuan harapan masyarakat dalam upaya pemberantasan korupsi harus melakukan tugas pokoknya sebagaimana diamanatkan dalam Pasal 6 UU No 19 Tahun 2019 yang meliputi,

“Melakukan pencegahan tindak pidana korupsi, melakukan monitoring atas pelaksanaan program pemerintah dan pelayanan publik, melakukan koordinasi dengan seluruh instansi yang berwenang melakukan pemberantasan, melakukan supervisi, melalukan penyelidikan, penyidikan, dan penuntutan, melaksanakan keputusan pengadilan dan hakim yang telah memperoleh kekuatan hukum yang tetap,” ujarnya.

Menurut Firli tugas-tugas itu tidak akan efektif tanpa bekerja sama, bersinergi dengan seluruh instansi, elemen bangsa, para pimpinan lembaga baik pemerintah swasta kalangan dunia usaha, para tokoh-tokoh agama, adat, pemuda, masyarakat, pendidikan, dan budayawan.

“Semua harus bersatu melakukan upaya pencegahan agar tidak ada lagi korupsi. Dengan demikian maka seluruh program pembangunan nasional dapat terlaksana dan pada akhirnya cita-cita nasional Indonesia yang cerdas, Indonesia yang sejahtera dapat kita wujudkan. Negara indonesia yang adil makmur sejahtera di seluruh Nusantara,” ujar Firli.

2 Comments
  1. … [Trackback]

    […] Info to that Topic: tandaseru.id/2019/12/09/hari-antikorupsi-firli-berharap-indonesia-bebas-korupsi/ […]

  2. … [Trackback]

    […] Information to that Topic: tandaseru.id/2019/12/09/hari-antikorupsi-firli-berharap-indonesia-bebas-korupsi/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.