Buat Surat Jalan untuk Buronan Kasus Korupsi Tjoko Tjandra, Jenderal Polisi Ini Terancam Dicopot

3

JAKARTA (tandaseru) – Divisi Profesi dan Pengamanan Divisi Humas Polri saat ini masih melakukan pemeriksaan terhadap Karo Korwas PPNS Bareskrim Polri Brigjen Pol Prasetyo Utomo terkait pembuatan surat jalan untuk buronan kasus korupsi, Tjoko Tjandra.

Kadiv Humas Polri Irjen Pol Argo Yuwono mengungkapkan ketika pemeriksaan selesai dan Jenderal Polisi tersebut terbukti bersalah, maka Polri akan mencopot Prasetyo dari jabatannya.

“Jadi hari ini sedang diperiksa, sore ini selesai pemeriksaan, terbukti (bersalah) akan dicopot dari jabatannya,” kata Argo di kantor Bareskrim Polri, Jakarta Selatan, Rabu (15/7).

Argo mengungkapkan Brigjen Prasetyo membuat surat jalan untuk pergi dari Jakarta ke Pontianak, Kalimantan Barat itu merupakan inisiatif sendiri dan tanpa sepengetahuan dari Kabareskrim Polri Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo.

“Jadi komitmen Pak Kapolri ini jelas, hari ini sedang jalan pemeriksaan. Ini bagian pembelajaran untuk personel Polri lainnya. Jadi kita ingin menegakkan aturan dan komitmen sesuai dengan apa yang pak Kapolri nyatakan kepada seluruh anggota,” ungkapnya.

Sebelumnya, Masyarakat Anti-Korupsi Indonesia (MAKI) kemudian diserahkan oleh Koordinator MAKI Boyamin Saiman mengungkapkan surat jalan untuk Tjoko Tjandra dengan nomor dari Biro Koordinasi dan Pengawasan (Rokorwas) ke Komisi III DPR pada Selasa (14/7).

Terkait hal itu, Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengecam keras tindakan Bareskrim Polri.

Dari data yang diperoleh IPW, surat jalan itu dikeluarkan Bareskrim Polri melalui Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS, dengan Nomor: SJ/82/VI/2020/Rokorwas, tertanggal 18 Juni 2020, yang ditandatangi Kepala Biro Koordinasi dan Pengawasan PPNS Bareskrim Polri Brigjen Prasetyo Utomo.

“Dalam surat jalan tersebut Djoko Chandra disebutkan berangkat ke Pontianak, Kalbar pada 19 Juni dan kembali pada 22 Juni 2020,” kata Neta.

1 Comment
  1. … [Trackback]

    […] There you will find 86409 more Info on that Topic: tandaseru.id/2020/07/15/buat-surat-jalan-untuk-buronan-kasus-korupsi-tjoko-tjandra-jenderal-polisi-ini-terancam-dicopot/ […]

Leave A Reply

Your email address will not be published.