Resmi Jadi Laki-Laki, Aprilia Santini Manganang Ganti Nama Jadi Aprilio Perkasa Manganang

3

JAKARTA (tandaseru.id) – Pengadilan Negeri Tondano, Minahasa, Sulawesi Utara resmi mengubah status jenis kelamin prajurit TNI, Serda Aprilia Manganang dari perempuan menjadi laki-laki.

Hal ini ditetapkan setelah Aprilia Manganang menjalani sidang pergantian status jenis kelamin secara virtual pada Jumat (19/3).

“Menetapkan mengabulkan permohonan pemohon secara selurunya. Menetapkan pemohon berubah jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki,” kata Hakim PN Tondana, Nova Loura Sasube

Penetapan pergantian status jenis kelamin ini juga didukung dari keterangan saksi hingga saksi ahli yang dihadirkan dalam sidang ini. Dari hasil keterangan saksi ahli, Aprilia Manganang memilki tanda-tanda jika dia benar-benar seorang pria.

“Menetapkan pergantian nama pemohon dari Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perjasa Manganang,” ucapnya.

Seperti diketahui, fakta soal jenis kelamin Aprilia Manganang ini terungkap setelah TNI AD melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap mantan atlet voli nasional ini. Aprilia Manganang sendiri direkrut menjadi prajurit TNI pada 2016.

Jenderal Andika memastikan Aprilia Manganang bukan transgender atau interseks. Aprilia Manganang mengalami kondisi sejak lahir, yaitu hipospadia atau kelainan bentuk kelamin bayi laki-laki. Akibatnya, Aprilia Manganang dicatatkan sebagai perempuan dan kondisi itu bertahan hingga ia dewasa.

“Serda Manganang ini bukan transgender, bukan juga interseks. Tidak masuk dalam kategori itu semua. Saya tahu definisinya dan tim dokter pun tahu semua definisinya. Karena memang kelainan yang dialami adalah hipospadia. Jadi selalu kembalikan ke situ,” kata Jenderal Andika

Leave A Reply

Your email address will not be published.